THL di Pangkep Tak Khawatirkan Lagi Kecelakaan Kerja

By Admin


Nusakini.com--Pangkep--Pemerintah Kabupaten Pangkep memprogramkan asuransi untuk tenaga harian lepas (THL). Hal itu sebagai bentuk perlindungan kepada pegawai honorer berstatus THL tersebut.

Untuk tahap awal, THL yang diasuransikan sebanyak lima ribu orang melalui BPJS Ketenagakerjaan. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pangkep, Jufri Baso menjelaskan, untuk awal, pihaknya memprioritaskan THL yang bertugas dilapangan atau dengan resiko tinggi, seperti pemadam kebakaran, satpol PP dan petugas kebersihan. 

Jufri mengatakn, sebelumnya, Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid telah mengeluarkan perbup tentang hal ini. 

"Pembayaran preminya ditanggung APBD. Jadi tahap awal ini kita prioritaskan THL yang bertugas dilapangan dulu, yang resikonya tinggi," kata Jufri.

Untuk mengasuransikan THL lima ribu orang, pemkab membutuhkan dana Rp 324 juta. Menurut, Jufri pembayaran premi tersebut sangat kecil dibanding manfaat yang akan diterima oleh para THL. Dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, para THL diharaplan bisa meningkatkan kinerja karena sudah terlindungi.

Seorang THL yang bertugas sebagai petugas kebersihan kota, Kadir mengaku senang karena pekerjaannya dilapangan rentan resiko

"Kami bertugas mulai pukul 05.00 untuk menyapu dan membersihkan kota Pangkajene dengan kondisi yang sering berubah, terkadang hujan dan dingin sehingga rawan sakit dan kecelakaan. Jika ada asuransi maka, kami tidak khawatir lagi jika terjadi kecelakaan kerja," ujarnya.